Cara Menambal Ban Tubeless Dengan Lem dan Batang Korek?

Motorjipi.com - Batang korek? Apa gak salah tuh? Yupz, benar... berikut ini akan saya tampilkan sebuah tips ringan yang menjadi sebagai pertolongan pertama ketika ban motor kita terkena paku, namun karena biasanya tambal ban khusus masih jarang ditemui, apalgi di daerah terpencil, nah mungkin tips berikut ini bisa saja berguna.



Oke, biasanya memang jika ban tubeless terkena paku maka tidak akan langsung membuat efek kempes, walaupun ban masih menancap pada ban. Namun tetap saja terasa mengganggu apalgi ketika pakunya bengkok dan besar. Hehe...



Dan langkah pertama yang akan kita lakukan adalah dengan mencabut paku terlebih dahulu, paku yang menancab di ban bisa di cabut menggunakan tang , biasanya saat proses mencabut agak terasa sulit dikarnakan paku menancab di pas serat ban, namun bisa juga ada yg mudah.,ketika paku di cabut jangan kaget karna ada suara hembusan angin itu hanya sisa angin yg berada di dalam ban.



Lalu langkah kedua ambil lah lem untuk menjadikan korek api yang kita akan tanam menempel kuat dengan kulit ban yg bolong tertancab paku tadi . banyak berbagai macam merek lem yg bisa anda gunakan tetapi di percobaan ini kita gambarkan dengan menggunakan lem korea yg bisa dengan mudah anda dapatkan di toko terdekat.

Langkah ketiga Tuangkan lem ke dalam permukaan ban yg bolong tertancab paku tadi secukupnya atau bisa lebih agar lem tersebut merata di dalam permukaan lobang ban tersebut, hati hati jangan berceceran karna lem ini sangat kuat kalau terkena tangan, meskipun tidak akan berdampak apa apa.


Terus langkah keempat lem bagian batang korek api yang akan di tanam di permukaan ban yg bolong tersebut, kerjakan langkah yg ketiga dan keempat ini dengan agak cepat karna lem akan cepat kering .





Kelima potong hingga merata dengan dasar ban ujung batang korek api yang masih tersis menjular keluar ban dengan silet kater atau gunting pun bisa. ini penting karna kalau tidak di potong batang korek ini tidak akan diam kalau terinjak ban hingga bisa menyebab kan batang korek ini lepas.




Keenam isi ulang lah ban dengan angin biasa bisa jufga dengan nitrogen sama saja ,isi ban dengan ukuran angin yang standar saja agar tekanan angin tidak terlalu menekan.


Ketujuh selesai deh tambal ban tubles memakai batang korek api yang sangat simpel tapi pastennnnnnn,,,,hehehehe
Semoga bermanfaat bagi anda yg lagi touring ,perjalanan jauh,atau pun pengendara biasa yang darurat tidak menemukan tukang tambal ban tubles. Selamat jalan semoga slamat sampai tujuan,,,, :);)


Tips ini di posting berdasarkan hasil share di medsos dari seseorang yang terlah mencobanya, berikut ini sumbernya:


posted from Bloggeroid

0 Responses to “Cara Menambal Ban Tubeless Dengan Lem dan Batang Korek?”

Post a Comment

kirim komentar anda disini